Praktik Pemuaian, Siswa Kelas VII Miosi Gunakan Alat Musschenbroek
Miosi—Praktik pemuaian pada zat padat, Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo (Miosi) menggunakan alat Musschenbroek, Jumat (8/11/24).
Guru IPA Miosi Mahyuddin Syaifulloh menjelaskan tujuan pembelajaran ini, “Peserta didik dapat membuktikan terjadinya pemuaian karena adanya kalor dan memberikan alasannya, selain itu para siswa diharapkan memahami cara kerja dari alat Musschenbroek,” terangnya.
Dia menekankan pada siswa untuk lebih hati-hati, dalam praktik ini melibatkan api, jadi tidak boleh bergurau karena keselamatan yang utama. Sebelum memulai praktik, para siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing, masing-masing kelompok terdiri dari empat anak. Mereka berdiskusi terkait alat dan bahan yang perlu disiapkan, langkah-langkah percobaaannya.
Setelah itu mulai praktik dengan mengambil alat Musschenbroek, menyiapkan alat pembakar spiritusnya, menata logam-logamnya, dan memastikan jarum menunjukkan skala yang sama. Pemuaian logam yang diamati yakni aluminium, kuningan, dan besi. Lalu logam-logam tersebut dipanaskan. Para siswa mengamati pergerakan jarumnya.
Lalu para siswa mengisikan hasil percobaanya, beberapa kelompok menyampaikan angka pemuaian aluminium lebih besar dibandingkan dengan kuningan dan besi. Angka pemuaian kuningan lebih besar daripada besi. Selain itu mereka mencoba pemuaian pada gas, dengan memanaskan tabung rekasi yang atasnya ada balonnya, apakah balon tersebut mengembang atau tidak setelah menerima kalor. Mereka melanjutkan mengerjakan soal diskusi tentang konsep pemuaian dan contoh-contohnya.
Hannan Nimatullah Wardhana Siswa Kelas VII A menyampaikan kesan antusiasnya, “Pertama kali menggunakan alat ini untuk membuktikan pemuaian zat padat, semoga selanjutnya ada praktik-praktik lebih seru,” ujarnya.
Mahyuddin berharap anak-anak bisa memahami konten pembelajarannya tentang pemuaian, selain itu dia berharap para siswa memahami prosedur ilmiah. Jadi anak-anak sebelum membuat sebuah Kesimpulan harus tahu terlebih dahulu faktanya dengan terbiasa melakukan observasi, selain itu sebelum membuat kesimpulan para siswa harus mempunyai referensi pendukung terlebih dahulu. Anak-anak jika memahami prosedur ilmiah tidak akan bersumbu pendek, mereka harus paham akar permasalahan, baru menyimpulkan sesuatu. (M.S)
Suasana Praktikum
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Siswa Miosi Buat Produk Bioteknologi, dari Tempe hingga Telur Asin
Miosi—Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo (Miosi) membuat produk bioteknologi konvensional dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kelas IX A melakukan pada Sela
18 Siswa Miosi Ikuti Tasmi’, Syarat Ikuti Munaqosyah dan Imtihan
Miosi—18 Siswa SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo (Miosi) mengikuti kegiatan tasmi’ Juz 1, 3, 29, dan 30 selama tiga hari, di perpustakaan Miosi, Jumat (25/10/24), Kamis (31/10/24
Siswa Miosi Praktik Teks Prosedur dengan Memasak
Miosi—Siswa SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo (Miosi) praktik teks prosedur dengan memasak beberapa makanan, di teras Miosi, Rabu (30/10/2024). Guru Bahasa Indonesia Halida Hanu
Psikolog Bercerita, Berteman Tanpa Menyakiti
Miosi—Psikolog bercerita tentang akibat bullying. Hal tersebut disampaikan pada siswa SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo (Miosi), di aula Miosi, Jumat (25/10/2024). Psikolog Wahida Nur
Qabillah HW Miosi Partisipasi Jampanal 2024
Miosi—Qabillah Hizbul Wathan (HW) SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo (Miosi) berpartisipasi dalam kegiatan Jambore Pandu Pengenal (Jampanal), di Bumi Perkemahan Puthuk Panggang Welut, N
Guru Miosi Tingkatkan Kompetensi Pembuatan Soal Literasi dan Numerasi
Miosi—Guru SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo (Miosi) mengikuti latihan pembuatan soal literasi dan numerasi oleh Dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Noly Shofiyah MPd MSc,
Pesan Pelajar Miosi untuk Indonesia di Malam Puncak Bulan Bahasa
Miosi—Pesan-pesan pelajar SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo (Miosi) untuk Indonesia, terwadahi dalam puncak Bulan Bahasa, mereka mengekspresikannya dalam puisi, bedah cerita, dan lagu,
Treasure Map Game, Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Miosi—Treasure map game, salah satu permainan seru dalam pembelajaran Bahasa Inggris SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo (Miosi) disajikan di Kelas VII B, Rabu, (9/10/24) Guru Bahasa In
Rapat Komite Miosi, Ini Struktur dan Programnya
Miosi—Rapat komite SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo (Miosi) membahas struktur dan program kerja, di kelas VII B, Sabtu (5/10/2024). Komite Miosi terdiri dari unsur tokoh masyarakat d
Tujuh TPS Unik Warnai Pemilihan Formatur IPM Miosi
Miosi-Tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS) unik mewarnai pemilihan formatur IPM SMP Muhammadiyah 10 Sidoarjo (Miosi), TPS tersebut tersebar dari lantai 2 hingga 4 gedung Miosi, Kam